Langsung ke konten utama

Pertemuan Ilmiah Mahasiswa Fisika Indonesia 2019



Pertemuan Ilmiah Mahasiswa Fisika Indonesia atau  PRESISI 2019 merupakan salah satu program kerja yang diusung oleh pengurus Himafi FMIPA Unhas. Yang dimana bertemakan “Aktualisasi Peran Generasi Muda Indonesia dalam Menghadapi Pengaruh Revolusi Industri 4.0" yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 13 & 14 April 2019. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan kecakapan mahasiswa dalam membuat karya tulis ilmiah.


Pertemuan Ilmiah Mahasiswa Fisika Indonesia (PRESISI) dilaksanakan di Universitas Hasanuddin, Tamalanrea, Makassar. Adapun rangkaian kegiatan yang disusun oleh panitia yaitu, seminar nasional, oral presentasi, geodesain presentasi, field trip serta gala dinner.

Pada hari Sabtu, tanggal 13 April 2019 dilaksanakan seminar nasional yang dihadiri oleh mahasiswa/mahasiswi dalam maupun luar Unhas, masyarakat Umum serta para peserta Call for Paper yang merupakan delegasi dari berbagai universitas di Indonesia. Yang dimana, keynote speakers yang dihadirkan untuk mengisi acara seminar nasional yaitu Dr. Geni Rina Sunaryo, M.Sc (Nuclear Reactor Technology and Safety BATAN), Dra. Clara Y. Yatini, M.Sc (Pusat SAINS Antariksa LAPAN), Mochammad Taufiq Hidayat, M.IKOM ( Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), Dr. Muh. Altin Massinai, MT.Surv (Komwil HAGI Wilayah Sulselbar), dan Perwakilan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar. yang di moderatori oleh Muhammad Amzar, S.Si., M.Sc. (Alumni Kyoto University) Adapun tamu undangan yang hadir yaitu, Dekan FMIPA Unhas, Ketua Jurusan Fisika, serta dosen-dosen di Departemen Fisika dan Geofisika Universitas Hasanuddin.




(foto-foto pada saat seminar nasional)

Esok harinya pada tanggal 14 april 2018 dilaksanakan salah satu agenda PRESISI yaitu Gala Diner. Bertempat di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, gala diner dibuka dengan persembahan paduan suara dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional  oleh panitia, berhasil menghilangkan penat para peserta seteleh seharian berkeliling kota makassar. Pada acara ini juga diumumkan para presenter terbaik dari oral presentasi dan geodesain presentasi. Rasa bangga terlihat menghiasi wajah para peserta, terlihat saat pemberian momento dan foto bersama. Acara ditutup dengan makan malam bersama serta persembahan penampilan dari peserta, panitia serta tamu undangan. Keakraban antara peserta dan panitian pun semakin terlihat pada malam hari itu. 

(Foto bersama peserta dan panitia pada acara gala diner)

Keesokan harinya para peserta sudah kembali ke kota asal masing-masing. Sementara para panitia telah mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari adanya PRESISI ini. Bukan hanya pengalaman, tetapi juga mendapatkan teman baru dari dari orang-orang hebat yang mengikuti kegiatan ini.

JAYALAH HIMAFI FISIKA NANJAYA.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Kerja Pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023

Agenda pertama setelah adanya pelantikan pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023, yaitu diadakan rapat kerja (Raker). Rapat kerja ini merupakan sebuah agenda tahunan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja organisasi. Tujuan dilaksanakan Rapat Kerja (Raker) adalah untuk membahas dan merencakan program kerja pengurus Himafi FMIPA Unhas selama satu periode kepengurusan, agar setiap pelaksanaan usulan kebutuhan masing-masing bidang terealisasi dengan tepat dan akurat. Rapat kerja pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023 dilaksanakan pada tanggal 18-20 November 2022 di Pantai Tanjung Bayang, Pondok Harapan 08 yang dihadiri oleh anggota Himafi FMIPA Unhas. Ada empat bidang yang telah memaparkan berbagai program kerja, yakni Bidang Pengaderan, Bidang Pendidikan, Bidang Hubungan Masyrakat, Bidang Kerohanian, serta Bidang Dana dan Kesekretariatan. Foto suasana rapat kerja (Raker) Kemudian dilanjutkan penetapan dan pengesahan hasil hasil sidang

Kewirausahaan Edisi Januari 2022

🛒 [Himafi STORE] 🛍️  Kini hadir kewirausahaan Himafi FMIPA Unhas yang menyediakan aplikasi premium, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Kalian bisa nonton, dengerin musik tanpa iklan, dan bahkan dapat bikin desain dengan elemen-elemen pro yang tersedia.  Aplikasi :  - Neflix - Disney - Viu - Youtube - Zoom - Vidio - We TV - Spotify - Resso - IQIYI Bikin hari mu menjadi lebih berwarna di tahun ini dengan menjadikan aplikasi kalian menjadi premium. Daftar harga aplikasi: Contact Persons : 📲 085934560610 (Nidia) 💸Payments :  BNI : 1137100048 a/n Nidia Nahda BRI : 500301038767530 a/n Yuni Bandhaso (Gopay/Ovo) : +62 882-0214-66998 a/n Nidia Nahda Presented By:  Bidang Dana dan Kesekretariatan Jayalah Himafi Fisika Nan jaya.

Pelantikan Pengurus Himafi FMIPA Unhas Periode 2021-2022

Organisasi mahasiswa selain berperan sebagai media dalam pengembangan diri mahasiswa juga berperan penting dalam dinamika kehidupan kampus. Keberlanjutan sebuah organisasi mahasiswa penting dilakukan demi menjaga dan melestarikan roda keorganisasian. Himafi FMIPA Unhas mengadakan pelantikan pengurus periode 2021/2022 yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2021 bertempat di Lecture Theatre  2 Fakultas MIPA. Acara ini dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. H. Arifin, M.T. selaku ketua Departemen Fisika, Ketua BEM KM FMIPA Unhas dan jajarannya, ketua-ketua himpunan selingkup KM FMIPA Unhas, serta kanda-kanda warga dari Himafi FMIPA Unhas dan HMGF FMIPA Unhas. Adapun formatur terpilih  yang dilantik yaitu saudara Muh. Ghalib Palagai sebagai Ketua Umum Himafi FMIPA Unhas, Septia Ulum Pajri sebagai Sekretaris Umum, Roslela sebagai Bendahara Umum, dan koordinator tiap bidang beserta anggotanya. Berikut struktur kepengurusan Himafi FMIPA Unhas Periode 2021/2022. Rangkaian kegiat