Langsung ke konten utama

Physics Competition 2017 Himafi FMIPA Unhas


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi ini sangat kompleks, hal ini mengakibatkan tingkat kehidupan manusia yang mengikuti arus globalisasi tersebut akan semakin maju, sedangkan bagi mereka yang tidak mampu mengikuti arus globalisasi tersebut akan semakin tertinggal. Seiring dengan itu, hambatan dan tantangan kedepan akan semakin berat. Untuk menghadapi hal itu, maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, berkemampuan tinggi dan memiliki kinerja yang baik. Disiplin ilmu yang menjadi potensi dasar dikembangkan melalui beberapa aktivitas penunjang, pengembangan ilmu ini terutama yang ditentukan dalam kemampuan mengamati yang ditunjukan dalam penalaran. Hal ini memperluas cakrawala untuk menghasilkan manusia yang agresif dalam setiap aktifitasnya.

Budaya ilmiah dalam dunia Perguruan Tinggi Nasional telah banyak menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas yang memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Dalam dunia sosial kemasyarakatan karya-karya ilmiah diharapkan tidak hanya dituntut untuk berkulitas dari sisi akademis tetapi lebih dituntut sejauh mana karya–karya ilmiah memiliki orientasi pada manfaat dalam tatanan kehidupan masyarakat.
Oleh banyak pakar disebutkan bahwa sepuluh sampai dua puluh tahun kita tidak berbicara dan membahas tentang sistem pendidikan yang sedang dijalankan, namun yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dalam menyiapkan sumber daya manusia yang dibekali dengan kemampuan (capability) dan keahlian (skill) dalam menunjang sebuah profesionalisme.
Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat, kiranya menyiratkan amanah kepada dunia pendidikan dalam konteks Perguruan Tinggi untuk mampu menyatukan segala potensi yang dimiliki mahasiswa dan dosen serta segenap elemen civitas akademika dan diarahkan kepada prioritas berbuat untuk masyarakat. Berbuat yang dimaksud yaitu berupa upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia itu sendiri.

Dari dasar pemikiran diataslah, kami dari Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin bermaksud menyelenggarakan Physics Competition 2017 yang diadakan pada tanggal 24 – 26 Maret 2017 dan diharapkan dari kegiatan ini kita mampu membuka dan memperluas wawasan berfikir tentang dunia kefisikaan yang banyak memberikan kontribusi secara aktif dalam pemanfaatan dan pemberdayaan serta penggunaannya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga konsep dari kerangka berpikir ilmiah pun terus dapat teraplikasi secara optimal dalam segala bidang kehidupan yang penuh tantangan dan konseptibilitas.


Adapun tujuan dari diadakannya Physics Competition 2017 adalah:
  1. Menumbuhkan motivasi dan meningkatkan daya saing antar mahasiswa dan mahasiswi se-Indonesia dalam bidang penulisan dan penelitian.
  2. Memunculkan ide-ide baru dari mahasiswa dan mahasiswi tentang energi terbaruka 
  3. Sebagai ajang latihan dan persiapan bagi siswa-siswi untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat,
  4. Meningkatkan pengetahuan siswa – siswi SMP dan SMA tentang pentingnya ilmu fisika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari – hari 
  5. Sebagai sarana untuk memperkenalkan Jurusan Fisika FMIPA Unhas ke siswa – siswi SMP dan SMA seluruh Indonesia.
  6. Menambah wawasan tentang perkembangan ilmu fisika yang berhubungan dengan gejala alam.
  7. Sebagai ajang silaturrahmi untuk semua elemen yang terkait dalam kegiatan ini.

Adapun output dari Physics Competition 2017 adalah:
  1. Adanya ide baru dari mahasiswa dan mahasiswi Indonesia dalam pengembangan maupun penemuan energi terbarukan 
  2. Menghasilkan siswa – siswi SMP dan SMA yang dapat bersaing dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) terkhusus dalam bidang Fisika, Kebumian, dan Astronomi 
  3. Terbukanya pemikiran yang lebih luas tentang dunia kefisikaan dan dapat mengembangkannya kearah penciptaan karya – karya ilmiah.
  4. Adanya respon dari masyarakat ilmiah atau instansi terkait dalam kaitannya dengan pengembangan ilmu – ilmu sains. 
  5. Mempererat hubungan emosional generasi pelajar Indonesia.

Adapun rangkaian acara dari Physics Competition 2017 yakni sebagai berikut : 

  •  Seminar Nasional
Seminar nasional diadakan pada tanggal 24 Maret 2017 bertempat di Auditorium Prof. Amiruddin Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Adapun pemateri seminar yakni :
  1. Dr. rer. nat. MF. Rosyid M.Si. (Kosmologi Astrofisika Matematis Partikel Filsafat UGM) 
  2. Dr. Tasrief Surungan, M.Sc. (Theoritical and Computational Physics, Departemen Fisika FMIPA Unhas)
  3. Dr. Ir. Bambang Prihandoko M.T. (Peneliti Baterai Lithium, Supercapasitor dan Fuel Cell LIPI) 
Tema yang diangkat pada seminar kali ini yaitu “Aktualisasi inovasi sains dan teknologi dalam pengembangan pendidikan dan riset untuk meningkatkan daya saing bangsa". 
  • Lomba teori tingkat SMP dan SMA sederajat se-indonesia
Lomba teori ini diadakan sehari setelah acara seminar nasional tepatnya pada tanggal 25 maret 2017 bertempat dibeberapa lokasi yakni :
1.      Laboratorium Fisika Dasar FMIPA Unhas (Untuk tingkat SMA)
2.      Lecture Teather (LT) 2 FMIPA Unhas (Untuk tingkat SMP)

Adapun pemenang dari Physics Competition 2017 yaitu :

Untuk Tingkat SMA :
Juara Pertama sekaligus juara umum Physisc Competition 2017 diraih oleh tim dari SMA Negeri 2 Tinggimoncong dengan Total point 90,00
Juara kedua diraih oleh tim dari SMA Islam Athirah Bone dengan Total point 83,89
Juara ketiga diraih oleh tim dari SMA Islam Athira Bone dengan Total Point 81,50
           Untuk Tingkat SMP :
Juara pertama sekaligus juara Umum Physics Competition 2017 diraih oleh tim dari SMP Al Azhar Palu dengan total point 88,71
Juara kedua diraih oleh tim dari SMP Katolik Rajawali dengan total point 86,75
Juara ketiga diraih oleh tim dari SMP Katolik Rajawali dengan total point 83,67
  •  Sosialisasi jurusan Fisika FMIPA Unhas
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2017 sesaat setelah babak penyisisihan Physics Competition 2017. Untuk tingkat SMA Sosialisasi Jurusan dibawakan oleh Sekretaris Departemen Fisika FMIPA Unhas Bapak Syamsuddin, S.Si, MT. Dan untuk tingkat SMP Sosialisasi jurusan dibawakan oleh Ibu Nurhasanah, S.Si, M,Si. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan jurusan Fisika FMIPA Unhas, dimana Departemen Fisika FMIPA Unhas mempunyai dua program studi yakni Program Studi Fisika dan Program Studi Geofisika. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan jumlah peminat Jurusan Fisika baik itu Prodi Fisika maupun Geofisika FMIPA dapat bertambah setiap tahunnya.



*Dokumentasi





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Kerja Pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023

Agenda pertama setelah adanya pelantikan pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023, yaitu diadakan rapat kerja (Raker). Rapat kerja ini merupakan sebuah agenda tahunan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja organisasi. Tujuan dilaksanakan Rapat Kerja (Raker) adalah untuk membahas dan merencakan program kerja pengurus Himafi FMIPA Unhas selama satu periode kepengurusan, agar setiap pelaksanaan usulan kebutuhan masing-masing bidang terealisasi dengan tepat dan akurat. Rapat kerja pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023 dilaksanakan pada tanggal 18-20 November 2022 di Pantai Tanjung Bayang, Pondok Harapan 08 yang dihadiri oleh anggota Himafi FMIPA Unhas. Ada empat bidang yang telah memaparkan berbagai program kerja, yakni Bidang Pengaderan, Bidang Pendidikan, Bidang Hubungan Masyrakat, Bidang Kerohanian, serta Bidang Dana dan Kesekretariatan. Foto suasana rapat kerja (Raker) Kemudian dilanjutkan penetapan dan pengesahan hasil hasil sidang

Kewirausahaan Edisi Januari 2022

🛒 [Himafi STORE] 🛍️  Kini hadir kewirausahaan Himafi FMIPA Unhas yang menyediakan aplikasi premium, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Kalian bisa nonton, dengerin musik tanpa iklan, dan bahkan dapat bikin desain dengan elemen-elemen pro yang tersedia.  Aplikasi :  - Neflix - Disney - Viu - Youtube - Zoom - Vidio - We TV - Spotify - Resso - IQIYI Bikin hari mu menjadi lebih berwarna di tahun ini dengan menjadikan aplikasi kalian menjadi premium. Daftar harga aplikasi: Contact Persons : 📲 085934560610 (Nidia) 💸Payments :  BNI : 1137100048 a/n Nidia Nahda BRI : 500301038767530 a/n Yuni Bandhaso (Gopay/Ovo) : +62 882-0214-66998 a/n Nidia Nahda Presented By:  Bidang Dana dan Kesekretariatan Jayalah Himafi Fisika Nan jaya.

Pelantikan Pengurus Himafi FMIPA Unhas Periode 2021-2022

Organisasi mahasiswa selain berperan sebagai media dalam pengembangan diri mahasiswa juga berperan penting dalam dinamika kehidupan kampus. Keberlanjutan sebuah organisasi mahasiswa penting dilakukan demi menjaga dan melestarikan roda keorganisasian. Himafi FMIPA Unhas mengadakan pelantikan pengurus periode 2021/2022 yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2021 bertempat di Lecture Theatre  2 Fakultas MIPA. Acara ini dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. H. Arifin, M.T. selaku ketua Departemen Fisika, Ketua BEM KM FMIPA Unhas dan jajarannya, ketua-ketua himpunan selingkup KM FMIPA Unhas, serta kanda-kanda warga dari Himafi FMIPA Unhas dan HMGF FMIPA Unhas. Adapun formatur terpilih  yang dilantik yaitu saudara Muh. Ghalib Palagai sebagai Ketua Umum Himafi FMIPA Unhas, Septia Ulum Pajri sebagai Sekretaris Umum, Roslela sebagai Bendahara Umum, dan koordinator tiap bidang beserta anggotanya. Berikut struktur kepengurusan Himafi FMIPA Unhas Periode 2021/2022. Rangkaian kegiat