Langsung ke konten utama

Aturan dan Penjelasan Teknis Physics Competition 2012



1.   Jadwal Kompetisi
Jadwal kompetisi yang sah terlampir dalam lembar struktur acara yang dibagikan dan akan dikonfirmasi sebelumnya jika terdapat perubahan.
2.   Aturan Kompetisi dan Penilaian
2.1.    Waktu dan Keterlambatan
2.1.1.   Waktu acara dimulai sesuai dengan jadwal yang ada dan tidak diberikan toleransi (waktu tambahan) bagi peserta yang terlambat.
2.1.2.   Waktu registrasi dimulai dari saat undangan diterima hingga selesainya technical meeting pada Kamis, 9 Februari 2012. Permintaan registrasi setelah itu tidak akan dilayani kecuali ada konfirmasi terlebih dahulu oleh pembina tim sebelum waktu registrasi dinyatakan usai.
2.2.    Format Kompetisi tingkat SMP/sederajat
2.2.1.   Sekolah, tim, dan pembina
a)   Sekolah ialah institusi pendidikan tingkat SLTP (SMP dan M.Ts) yang mendaftar dan mengirimkan pesertanya berpartisipasi dalam Physics Competition 2012 yang diadakan oleh Himafi FMIPA Unversitas Hasanuddin.
b)  Tim ialah unit kerja peserta kompetisi yang terdiri dari tiga orang yang berasal dari sekolah pengutus yang sama. Tiap sekolah dapat mengirim lebih dari satu tim dan jumlahnya tidak dibatasi. Dalam kompetisi, tim yang berasal dari sekolah yang sama tidak dianggap sebagai unit kerja yang sama.
c)  Pembina ialah guru/staf dari sekolah pengutus yang diberikan kewenangan untuk meninjau jalannya kompetisi sejauh yang diperkenankan. Tiap sekolah hanya dapat mengutus satu pembina, guru/staf lain yang ikut yang tidak terdaftar tidak diakui sebagai pembina.
2.2.2.   Babak kualifikasi
a)   Pada babak kualifikasi, tiap peserta dalam tim mengerjakan paket soal yang berbeda yakni Fisika paket A, B dan C.
b)  Tiap paket soal berisi 40 soal pilihan ganda dengan ketentuan poin jawaban benar +4, jawaban salah -1, dan jawaban kosong 0.
c)   Penilaian poin tim merupakan akumulasi poin dari tiap-tiap peserta yang mengerjakan paket soal yang berbeda. Tim yang lolos ialah 6 (enam) tim dengan poin tertinggi. Dalam kondisi tertentu, jumlah tim yang lolos dapat berubah sesuai dengan ketentuan tambahan.
2.2.3.         Babak semifinal I dan II
a)       Pada babak semifinal I, tiap semifinalis diwajibkan melakukan eksperimen sesuai dengan judul dan petunjuk yang diberikan, dan bebas berkreasi dalam prosedur percobaan. Peserta juga diwajibkan membuat file presentasi (ppt) singkat dengan format seperti pada poin 2.2.3.c.. Peserta mengumpulkan laporan sementara pada tim penilai eksperimen sebelum meninggalkan ruangan.
b)      Peserta diberikan waktu 15 menit untuk menyempurnakan dan mengumpulkan file presentasinya pada petugas kompetisi yang telah ditunjuk.
c)       Pada babak semifinal II, semifinalis memaparkan presentasi yang telah dikumpulkan yang berisi tujuan, rumusan masalah, hipotesis awal, prosedur singkat, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan eksperimen di depan para juri.
d)      Poin akhir tim merupakan gabungan antara poin eksperimen (60%) dan poin presentasi (40%) dari tiap-tiap juri.
e)       Tiga tim dengan poin tertinggi diperkenankan melanjutkan kompetisi ke babak final.
2.2.4.   Babak final
a)  Pada babak final tim akan berkompetisi dalam bentuk Lomba Cerdas Tangkas Fisika dan menjawab soal yang dibacakan oleh MC. Babak final terdiri dari empat sub-babak, yaitu soal wajib, soal rebutan, babak bonus dan babak tambahan.
b)  Pada soal wajib, terdapat 3 amplop yang masing-masing berisi 5 soal (poin benar +10, salah 0). Ketua tim memilih amplop, urutan ditentukan dengan undian. Soal hanya dapat dijawab sekali.
c)  Pada babak rebutan sepuluh soal dibacakan dan dijawab oleh tim yang lebih dulu memencet bel, poin benar +10 poin salah -5. Soal dapat dilempar dua kali, tim yang telah menjawab dengan salah tidak diperkenankan menjawab soal yang sama lagi.
d)  Pada babak bonus lima soal dibacakan dan dijawab oleh tim yang terlebih dulu memencet bel. Poin soal pertama 10, soal kedua 15, dan terus bertambah 5 hingga soal nomor 5. Jawaban salah tidak mengurangi poin dan soal hanya dapat dijawab sekali.
e)   Babak tambahan diadakan jika terdapat dua tim atau lebih yang memiliki poin yang sama. Pada babak tambahan sebanyak tiga soal dengan masing-masing 1 poin dibacakan dan dijawab oleh tim yang memencet bel terlebih dulu. Tim yang berhak menjawab ialah tim dengan poin sama hingga babak bonus selesai. Soal dapat dilempar dan tim tidak diperkenankan menjawab dua kali.
2.3.     Format Kompetisi tingkat SMA/sederajat
2.3.1.   Sekolah, tim, dan pembina
a)  Sekolah ialah institusi pendidikan tingkat SLTA (SMU, SMK, STM, MA) yang mendaftar dan mengirimkan pesertanya berpartisipasi dalam Physics Competition 2012 yang diadakan oleh Himafi FMIPA Unversitas Hasanuddin.
b)  Tim ialah unit kerja peserta kompetisi yang terdiri dari tiga orang yang berasal dari sekolah pengutus yang sama. Tiap sekolah dapat mengirim lebih dari satu tim dan jumlahnya tidak dibatasi. Dalam kompetisi, tim yang berasal dari sekolah yang sama tidak dianggap sebagai unit kerja yang sama.
c)  Pembina ialah guru/staf dari sekolah pengutus yang diberikan kewenangan untuk meninjau jalannya kompetisi sejauh yang diperkenankan. Tiap sekolah hanya dapat mengutus satu pembina, guru/staf lain yang ikut yang tidak terdaftar tidak diakui sebagai pembina.
2.3.2.   Babak kualifikasi
a)   Pada babak kualifikasi, tiap peserta dalam tim mengerjakan paket soal yang berbeda yakni Fisika, Astronomi, dan Kebumian sesuai dengan kesepakatan tim saat registrasi.
b)  Tiap paket soal berisi 40 soal pilihan ganda dengan ketentuan poin jawaban benar +4, jawaban salah -1, dan jawaban kosong 0.
c)   Penilaian poin tim merupakan akumulasi poin dari tiap-tiap peserta yang mengerjakan paket soal yang berbeda. Tim yang lolos ialah 6 (enam) tim dengan poin tertinggi. Dalam kondisi tertentu, jumlah tim yang lolos dapat berubah sesuai dengan ketentuan tambahan.
2.3.3.   Babak semifinal I dan II
Aturan pada babak semifinal Physics Competition 2012 tingkat SMA sama dengan aturan babak semifinal tingkat SMP pada poin 2.2.3..
2.3.4.   Babak final
a)  Pada waktu registrasi ulang, finalis diwajibkan mengumpulkan makalah dan file presentasi yang telah dikerjakan sesuai dengan tema yang diberikan sebelumnya.
b)   Tiap tim dibagi menjadi dua, yakni presenter (dua orang) dan pendebat/peninjau (satu orang). Presenter memaparkan presentasinya di hadapan pendebat (dari dua tim lawannya), peninjau (rekan setim yang ditunjuk sebagai pendebat/peninjau dan guru-guru pendamping), serta para juri.
c)   Presenter diberi waktu dua puluh menit untuk memaparkan materi presentasinya, dua puluh menit untuk berdebat dengan pendebat (masing-masing sepuluh menit), dan tiga puluh menit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh juri (masing-masing tujuh menit).
d)  Penilaian dihitung dari nilai makalah (30%) dan proses presentasi (70%) dari tiap-tiap juri, serta keputusan dari diskusi juri jika dan hanya jika diperlukan (suara tidak bulat).
2.4.    Aturan Tambahan
a)   Setelah waktu registrasi usai, tidak diperbolehkan adanya pergantian peserta selama kompetisi dan tim yang tidak lengkap masih diperbolehkan mengikuti kompetisi dengan menanggung sendiri kerugian yang diperoleh.
b)    Pada saat technical meeting akan diumumkan tema makalah dan presentasi babak final. Tim dan pembinanya diharapkan dapat mencari bahan tulisan sebelum pengumuman finalis guna mengoptimalkan waktu.
c)   Dalam pembuatan makalah dan presentasi babak final, tim dan pembina diperbolehkan menerima bantuan dari siapa pun, kecuali segenap panitia dan pihak penyelenggara/pendukung. Bagaimanapun, orisinalitas makalah dan presentasi diperhitungkan dalam penilaian.
d)    Aturan tambahan lainnya akan diberikan dalam technical meeting pada Kamis, 9 Februari 2012.
3.   Hal-hal Lain yang Dianggap Perlu
3.1.    Pakaian dan Perlengkapan
a)    Selama rangkaian acara berlangsung, peserta diwajibkan mengenakan id card saat acara formal. Peserta yang tidak mengenakan id card yang sesuai dengan data panitia tidak diperkenankan mengikuti rangkaian acara.
b)   Peserta diwajibkan mengenakan seragam sekolah masing-masing saat menjalani babak kualifikasi, dan mengenakan pakaian sopan (sepatu, celana panjang dan kemeja) saat menjalani babak semifinal dan babak final. Pada babak semifinal I, peserta wajib mengenakan jas laboratorium yang telah disediakan oleh panitia.
c)   Peserta dilarang menggunakan kalkulator dan alat bantu hitung lainnya pada babak kualifikasi, namun dianjurkan untuk membawa kalkulator jika diperlukan pada babak eksperimen.
3.2.    Hunian
a)    Peserta dan pembina diharapkan tinggal di lokasi yang tidak jauh dari Kampus Tamalanrea Universitas Hasanuddin untuk memperlancar mobilitas. Keterlambatan peserta tidak menjadi tanggung jawab panitia.
b)    Peserta yang menyewa asrama ditempatkan sesuai dengan pembagian panitia.
c)    Peserta yang tinggal dalam asrama yang disediakan wajib menjaga kebersihan asrama.
4.   Ketentuan Perubahan
Aturan dan penjelasan teknis ini bersifat keterangan sementara dan masih dapat berubah. Konfirmasi tentang perubahan dan rincian lebih lanjut akan dibahas saat technical meeting pada Kamis 9 Februari 2012 di Baruga A. P. Pettarani Universitas Hasanuddin kampus Tamalanrea. Untuk itu diharapkan kedatangannya tepat waktu dari awal rangkaian acara.



penanggungjawab technical meeting


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Kerja Pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023

Agenda pertama setelah adanya pelantikan pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023, yaitu diadakan rapat kerja (Raker). Rapat kerja ini merupakan sebuah agenda tahunan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja organisasi. Tujuan dilaksanakan Rapat Kerja (Raker) adalah untuk membahas dan merencakan program kerja pengurus Himafi FMIPA Unhas selama satu periode kepengurusan, agar setiap pelaksanaan usulan kebutuhan masing-masing bidang terealisasi dengan tepat dan akurat. Rapat kerja pengurus Himafi FMIPA Unhas periode 2022-2023 dilaksanakan pada tanggal 18-20 November 2022 di Pantai Tanjung Bayang, Pondok Harapan 08 yang dihadiri oleh anggota Himafi FMIPA Unhas. Ada empat bidang yang telah memaparkan berbagai program kerja, yakni Bidang Pengaderan, Bidang Pendidikan, Bidang Hubungan Masyrakat, Bidang Kerohanian, serta Bidang Dana dan Kesekretariatan. Foto suasana rapat kerja (Raker) Kemudian dilanjutkan penetapan dan pengesahan hasil hasil sidang

Kewirausahaan Edisi Januari 2022

🛒 [Himafi STORE] 🛍️  Kini hadir kewirausahaan Himafi FMIPA Unhas yang menyediakan aplikasi premium, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Kalian bisa nonton, dengerin musik tanpa iklan, dan bahkan dapat bikin desain dengan elemen-elemen pro yang tersedia.  Aplikasi :  - Neflix - Disney - Viu - Youtube - Zoom - Vidio - We TV - Spotify - Resso - IQIYI Bikin hari mu menjadi lebih berwarna di tahun ini dengan menjadikan aplikasi kalian menjadi premium. Daftar harga aplikasi: Contact Persons : 📲 085934560610 (Nidia) 💸Payments :  BNI : 1137100048 a/n Nidia Nahda BRI : 500301038767530 a/n Yuni Bandhaso (Gopay/Ovo) : +62 882-0214-66998 a/n Nidia Nahda Presented By:  Bidang Dana dan Kesekretariatan Jayalah Himafi Fisika Nan jaya.

Pelantikan Pengurus Himafi FMIPA Unhas Periode 2021-2022

Organisasi mahasiswa selain berperan sebagai media dalam pengembangan diri mahasiswa juga berperan penting dalam dinamika kehidupan kampus. Keberlanjutan sebuah organisasi mahasiswa penting dilakukan demi menjaga dan melestarikan roda keorganisasian. Himafi FMIPA Unhas mengadakan pelantikan pengurus periode 2021/2022 yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2021 bertempat di Lecture Theatre  2 Fakultas MIPA. Acara ini dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. H. Arifin, M.T. selaku ketua Departemen Fisika, Ketua BEM KM FMIPA Unhas dan jajarannya, ketua-ketua himpunan selingkup KM FMIPA Unhas, serta kanda-kanda warga dari Himafi FMIPA Unhas dan HMGF FMIPA Unhas. Adapun formatur terpilih  yang dilantik yaitu saudara Muh. Ghalib Palagai sebagai Ketua Umum Himafi FMIPA Unhas, Septia Ulum Pajri sebagai Sekretaris Umum, Roslela sebagai Bendahara Umum, dan koordinator tiap bidang beserta anggotanya. Berikut struktur kepengurusan Himafi FMIPA Unhas Periode 2021/2022. Rangkaian kegiat